LAPORAN RENCANA KEGIATAN AKSI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MAPEL MATEMATIKA
LAPORAN RENCANA KEGIATAN AKSI
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL
(E-BOOK DAN VIDEO MATERI PEMBELARAN) PADA PESERTA DIDIK
DALAM MATERI POLA BILANGAN DI KELAS VIII-4
DI MTsN 4 PIDIE TAHUN 2022
Latar Belakang
Pendidikan dilakukan
melalui usaha menuntun segenap kekuatan kodrat yang dimiliki anak, baik sebagai
manusia maupun sebagai anggota masyarakat untuk mencapai keselamatan dan
kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Di dalam pendidikan ada
proses belajar yang menentukan hasil dari tujuan
pendidikan, maka dari itu Ki Hajar Dewantara mengungkapkan bahwa belajar harus
sesuai dengan cipta, rasa, dan karsa. Oleh karena itu untuk pembelajaran kali
ini metode yang digunakan yaitu pembelajaran berbasis digital (e-Book dan Video
materi pembelaran) dengan tujuan agar peserta didik dapat mengikuti dan
memahaminya.
Dalam beberapa bulan terakhir ini, Indonesia dilanda pandemi Covid – 19 yang berdampak kepada semua bidang salah satu diantaranya yaitu bidang pendidikan. Hal ini menyebabkan pembelajaran harus dilaksanakan dalam jaringan (Daring) / atau yang lebih dikenal dengan BDR (Belajar dari Rumah). Berdasarkan hal tersebut maka aksi nyata dalam kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring.
Tujuan :
1. Meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Pola Bilangan
2. Menumbuhkan kreativitas peserta didik melalui pembelajaran berbasis digital (e-Book dan Video materi pembelaran)
3. Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran berbasis digital (e-Book dan Video materi pembelaran)
Deskripsi Aksi nyata :
1. Persiapan dan pelaksanaan (hari Senin tanggal 4 Juli 2022)
a. Penyusunan perangkat pembelajaran (RPP), materi ajar berbasis e-Book dan video pembelajaran
b. Penyusunan instrument penilaian hasil belajar
2. Pengumpulan data (hari Selasa tanggal 5 Juli 2022)
a. Penerapan pembelajaran berbasis digital (e-Book dan Video materi pembelaran)
b. Tes hasil belajar
3. Pengolahan data (hari Ramis tanggal 6 Juli 2022)
a. Analisis kreativisas peserta didik berdasarkan digital (e-Book dan Video materi pembelaran) yang dikerjakan
b. Analisis tes hasil belajar
4. Pelaporan (hari Kamis tanggal 7 Juli 2022)
a. Penyusunan laporan
b. Presentasi laporan aksi nyata
Hasil Kegiatan Aksi Nyata :
Kesimpulan
Dari kegiatan
pembelajaran yang dilakukan sebagai aksi nyata tada beberapa pelajaran yang
dapat diperoleh diantaranya yaitu :
1. Kegagalan
a. Pelaksanaan pembelajaran kurang
maksimal dikarenakan penyampaian informasi pembelajaran
hanya melalui video pembelajaran sehingga beberapa peserta didik kurang mampu memahami tugas yang diberikan.
b. Tujuan dari aksi nyata belum
tercapai disebabkan hanya 50% dari peserta didik yang mampu menyelesaikan tugas
digital (e-Book dan Video materi pembelaran) yang diberikan
2. Keberhasilan
a. Aksi
nyata dapat diterapkan dalam proses pembelajaran berbasis digital (e-Book dan
Video materi pembelaran) memalui video pembelajaran secara Daring
b. Tumbuhnya kreativitas peserta didik
dalam mengikuti proses belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis digital (Smartphone,
Laptop, e-book, video dan Internet).
Saran & Perbaikan :
Dalam
pelaksanaan pembelajaran berikutnya diharapkan peserta didik mampu mengikuti
dan aktif melaksanakan tugas yang diberikan. Penyampaian informasi mengenai
pembelajaran digital (e-Book dan Video materi pembelaran) hendaknya lebih
terinci sehingga mudah dipahami oleh peserta didik. Kegiatan pembelajaran berbasis digital
(e-Book dan Video materi pembelaran) ini akan lebih optimal jika dilaksanakan
secara tatap muka.
Kepala Madrasah, Guru bidang studi,
USMAN, S.Ag, M.Pd AZHAR, S.Pd
NIP. 19721231 199905 1 007 NIP. 19860430 200910 1 001
Lampiran 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : MTsN 4 Pidie
Kelas/ Semester : VIII / Ganjil
Materi Pokok : Pola Bilangan
Setelah melakukan pembelajaran jarak
jauh, peserta didik diharapkan mampu mengamati, menanyakan, memahami serta kreativitas dalam mengikuti proses
belajar dengan menggunakan
media pembelajaran berbasis digital (Smartphone, Laptop, e-book, video dan
Internet).
B.
Langkah – Langkah Pembelajaran
1.
Persiapan
Awal
a. Melakukan pembukaan dengan salam
b. Membaca doa untuk membuka pelajaran
c. Mengecek kehadiran peserta didik
2.
Pengamatan
materi melalui Classroom (WA)
a. Mengaitkan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan materi atau tema sebelumnya
b. Mengajukan pertanyaan yang berkaitan
dengan materi atau pembelajaran yang akan dilakukan
C.
Motivasi Melalui Calssroom (WA)
1. Memberikan gambaran tentang proses belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis digital (Smartphone, Laptop, e-book, video dan Internet)
2. Mengajak peserta didik untuk mengingat materi yang telah dipelajari sebelumnya
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4. Memberikan
penjelasan tentang cara atau teknik pembelajaran
D.
Tahapan Pembelajaran Jarak Jauh
1. Memberikan materi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis digital (Smartphone, Laptop, e-book, video dan Internet)
2. Peserta didik diberi kesempatan untuk memahami materi selama 15 menit
3. Peserta didik memahami dan mencatat materi penting dalam buku catatan, kemudian di foto dan dikirimkan melalui WhatsAap guru mata pelajaran.
4. Peserta didik merencanakan dan melakukan pembelajaran berbasis digital (e-Book dan Video materi pembelaran) dirumah masing-masing dan menyelesaikan tugas mandiri dalam bentuk foto maupun video rekaman dan dikirimkan melalui WhatsAap guru mata pelajaran.
5. Pembelajaran jarak jauh ditutup dengan berdoa bersama-sama agar ilmu yang didapatkan hari ini bermanfaat, dan lebih khusus untuk keselamatan manusia dari virus covid – 19
E.
Penilaian Formatif Jarak Jauh
1. Penilaian Pengetahuan : menjawab soal dan menyelesaikan tugas secara mandiri dalam bentuk foto maupun video rekaman dan dikirimkan melalui WhatsAap guru mata pelajaran sesuai dengan instrumen dan rubrik penilaian pengetahuan
2. Penilaian Keterampilan :Unjuk Kerja dalam menyelesaikan soal baik lisan maupun tulisan.
3. Link Absen, Video materi dan Pelaporan hasil belajar :
via blogspot
A.
Alat, Media dan Sumber Belajar
2. Sumber belajar : e-Book, video, contoh Game Edukatif dan Internet
Lampiran 2
INSTRUMEN PENILAIAN KEGIATAN DIGITAL (e-Book DAN VIDEO MATERI PEMBELARAN)
Aspek penilaian : Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Judul kegiatan : Penerapan Pembelajaran Berbasis Digital (e-Book Dan Video Materi Pembelaran)
Tanggal Penilaian : 7 Juli 2022
Kelas : VIII - 4
RUBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN PRESENTASI
SKOR |
INDIKATOR |
3 |
Materi digital (e-Book dan Video
materi pembelaran) |
3 |
Pehamahan
konsep |
3 |
Kreativitas |
1 |
Ketepatan waktu mengumpulkan produk |
Nilai peserta didik adalah jumlah skor yang diperoleh x 10
USMAN,
S.Ag, M.Pd AZHAR, S.Pd
NIP.
19721231 199905 1 007 NIP. 19860430 200910 1 001