Rabu, 06 Juli 2022

LAPORAN RENCANA KEGIATAN AKSI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MAPEL MATEMATIKA

 LAPORAN RENCANA KEGIATAN AKSI

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL 
(E-BOOK DAN VIDEO MATERI PEMBELARAN) PADA PESERTA DIDIK 
DALAM MATERI POLA BILANGAN DI KELAS VIII-4 
DI MTsN 4 PIDIE TAHUN 2022


oleh :
AZHAR, S.Pd dan SRIMULYANI, ST

 

Latar Belakang

Pendidikan dilakukan melalui usaha menuntun segenap kekuatan kodrat yang dimiliki anak, baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Di dalam pendidikan ada proses belajar yang menentukan hasil dari tujuan pendidikan, maka dari itu Ki Hajar Dewantara mengungkapkan bahwa belajar harus sesuai dengan cipta, rasa, dan karsa. Oleh karena itu untuk pembelajaran kali ini metode yang digunakan yaitu pembelajaran berbasis digital (e-Book dan Video materi pembelaran) dengan tujuan agar peserta didik dapat mengikuti dan memahaminya.

Dalam beberapa bulan terakhir ini, Indonesia dilanda pandemi Covid – 19 yang berdampak kepada semua bidang salah satu diantaranya yaitu bidang pendidikan. Hal ini menyebabkan pembelajaran harus dilaksanakan dalam jaringan (Daring) / atau yang lebih dikenal dengan BDR (Belajar dari Rumah). Berdasarkan hal tersebut maka aksi nyata dalam kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring.

Tujuan :

1.  Meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Pola Bilangan
2. Menumbuhkan kreativitas peserta didik melalui pembelajaran berbasis digital (e-Book dan      Video materi pembelaran)
3. Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran berbasis digital (e-Book dan  Video materi pembelaran)

Deskripsi Aksi nyata :

1.  Persiapan dan pelaksanaan (hari Senin tanggal 4 Juli 2022)
a. Penyusunan perangkat pembelajaran (RPP), materi ajar berbasis e-Book dan video pembelajaran
b. Penyusunan instrument penilaian hasil belajar
2. Pengumpulan data (hari Selasa tanggal 5 Juli 2022)
a. Penerapan pembelajaran berbasis digital (e-Book dan Video materi pembelaran)
b. Tes hasil belajar
3. Pengolahan data (hari Ramis tanggal 6 Juli 2022)
a. Analisis kreativisas peserta didik berdasarkan digital (e-Book dan Video materi pembelaran) yang dikerjakan
b. Analisis tes hasil belajar
4. Pelaporan (hari Kamis tanggal 7 Juli 2022)
a. Penyusunan laporan
b. Presentasi laporan aksi nyata

   

Hasil Kegiatan Aksi Nyata :

Kesimpulan

Dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan sebagai aksi nyata tada beberapa pelajaran yang dapat diperoleh diantaranya yaitu :

1.            Kegagalan

a. Pelaksanaan pembelajaran kurang maksimal dikarenakan penyampaian informasi pembelajaran hanya melalui video pembelajaran sehingga beberapa peserta didik kurang mampu  memahami tugas yang diberikan.

b. Tujuan dari aksi nyata belum tercapai disebabkan hanya 50% dari peserta didik yang mampu menyelesaikan tugas digital (e-Book dan Video materi pembelaran) yang diberikan

2.           Keberhasilan

a. Aksi nyata dapat diterapkan dalam proses pembelajaran berbasis digital (e-Book dan Video materi pembelaran) memalui video pembelajaran secara Daring
b. Tumbuhnya kreativitas peserta didik dalam mengikuti proses belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis digital (Smartphone, Laptop, e-book, video dan Internet).

 

Saran & Perbaikan :

Dalam pelaksanaan pembelajaran berikutnya diharapkan peserta didik mampu mengikuti dan aktif melaksanakan tugas yang diberikan. Penyampaian informasi mengenai pembelajaran digital (e-Book dan Video materi pembelaran) hendaknya lebih terinci sehingga mudah dipahami oleh peserta didik. Kegiatan pembelajaran berbasis digital (e-Book dan Video materi pembelaran) ini akan lebih optimal jika dilaksanakan secara tatap muka.

Mengetahui                                                             Beureunuen, 4 Juli 2022
Kepala Madrasah,                                                   Guru bidang studi,


USMAN, S.Ag, M.Pd                                              AZHAR, S.Pd
NIP. 19721231 199905 1 007                                 NIP. 19860430 200910 1 001



Lampiran 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran   : MATEMATIKA
Sekolah              : MTsN 4 Pidie
Kelas/ Semester : VIII / Ganjil
Materi Pokok     : Pola Bilangan

A.           Tujuan Pembelajaran

Setelah melakukan pembelajaran jarak jauh, peserta didik diharapkan mampu mengamati, menanyakan, memahami serta kreativitas dalam mengikuti proses belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis digital (Smartphone, Laptop, e-book, video dan Internet).

B.            Langkah – Langkah Pembelajaran

1.             Persiapan Awal

a.   Melakukan pembukaan dengan salam
b. Membaca doa untuk membuka pelajaran
c. Mengecek kehadiran peserta didik

2.             Pengamatan materi melalui Classroom (WA)

a.  Mengaitkan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan materi atau tema sebelumnya
b. Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi atau pembelajaran yang akan dilakukan

C.           Motivasi Melalui Calssroom (WA)

1.   Memberikan gambaran tentang proses belajar dengan menggunakan media pembelajaran         berbasis digital (Smartphone, Laptop, e-book, video dan Internet)
2. Mengajak peserta didik untuk mengingat materi yang telah dipelajari sebelumnya
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4. Memberikan penjelasan tentang cara atau teknik pembelajaran

 

D.           Tahapan Pembelajaran Jarak Jauh

1.    Memberikan materi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis digital (Smartphone, Laptop, e-book, video dan Internet)
2. Peserta didik diberi kesempatan untuk memahami materi selama 15 menit
3. Peserta didik memahami dan mencatat materi penting dalam buku catatan, kemudian di foto dan dikirimkan melalui WhatsAap guru mata pelajaran.
4. Peserta didik merencanakan dan melakukan pembelajaran berbasis digital (e-Book dan Video materi pembelaran) dirumah masing-masing dan menyelesaikan tugas mandiri dalam bentuk foto maupun video rekaman dan dikirimkan melalui WhatsAap guru mata pelajaran.
5. Pembelajaran jarak jauh ditutup dengan berdoa bersama-sama agar ilmu yang didapatkan hari ini bermanfaat, dan lebih khusus untuk keselamatan manusia dari virus covid – 19

E.            Penilaian Formatif Jarak Jauh

Penilaian Sikap : Keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran daring dan disiplin waktu dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

1. Penilaian Pengetahuan : menjawab soal dan menyelesaikan tugas secara mandiri dalam bentuk foto maupun video rekaman dan dikirimkan melalui WhatsAap guru mata pelajaran sesuai dengan instrumen dan rubrik penilaian pengetahuan
2. Penilaian Keterampilan :Unjuk Kerja dalam menyelesaikan soal baik lisan maupun tulisan.
3. Link AbsenVideo materi  dan Pelaporan hasil belajar :

    via blogspot

    via Pidie Belajar Era Digital

 

A.           Alat, Media dan Sumber Belajar

1. Alat                     : Smartphone, Laptop, Kertas, dan Alat Tulis.
2. Sumber belajar   : e-Book, video, contoh Game Edukatif dan Internet 
3. Media                 : e-Book, Buku Matematika kelas VIII dan buku lain yang relevan. Media Masa                                                            cetak maupun media online.


Lampiran 2

INSTRUMEN PENILAIAN KEGIATAN DIGITAL (e-Book DAN VIDEO MATERI PEMBELARAN)

Indikator                : Pembelajaran berbasis digital (e-Book dan Video materi pembelaran)
Aspek penilaian     : Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Judul kegiatan       : Penerapan Pembelajaran Berbasis Digital (e-Book Dan Video Materi Pembelaran)
Tanggal Penilaian : 7 Juli 2022
Kelas                     : VIII - 4


RUBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN PRESENTASI

SKOR

INDIKATOR

3

Materi digital (e-Book dan Video materi pembelaran)

3

Pehamahan konsep

3

Kreativitas

1

Ketepatan waktu mengumpulkan produk

 

Nilai peserta didik adalah jumlah skor yang diperoleh x 10
 

 

 

USMAN, S.Ag, M.Pd                                              AZHAR, S.Pd

NIP. 19721231 199905 1 007 NIP. 19860430 200910 1 001

Comments