Jumat, 08 Juli 2022

CONTOH RENCANA KEGIATAN AKSI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN

RENCANA KEGIATAN AKSI

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL
(E-BOOK DAN VIDEO MATERI PEMBELARAN) PADA 
PESERTA DIDIK DALAM MATERI POLA BILANGAN 
DI KELAS VIII-4 DI MTsN 4 PIDIE TAHUN 2022

oleh :
AZHAR, S.Pd
(Guru Matematika MTsN 4 Pidie)

Latar Belakang

Pendidikan dilakukan melalui usaha menuntun segenap kekuatan kodrat yang dimiliki anak, baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Di dalam pendidikan ada proses belajar yang menentukan hasil dari tujuan pendidikan, maka dari itu Ki Hajar Dewantara mengungkapkan bahwa belajar harus sesuai dengan cipta, rasa, dan karsa. Oleh karena itu untuk pembelajaran kali ini metode yang digunakan yaitu pembelajaran berbasis digital pada materi pola bilangan (e-Book, video, contoh Game Edukatif dan Internet) dengan tujuan agar peserta didik dapat mengikuti dan memahaminya secara sempurna serta menyeluruh.
Dalam beberapa bulan terakhir ini, Indonesia dilanda pandemi Covid 19 yang berdampak kepada semua bidang salah satu diantaranya yaitu bidang pendidikan. Hal ini menyebabkan pembelajaran tidak dapat dilakukan secara optimal bahkan harus dilaksanakan dalam jaringan (Daring) / atau yang lebih dikenal dengan BDR (Belajar dari Rumah) juga sebagai pengulangan agar lebih optimal. Berdasarkan hal tersebut maka aksi nyata dalam kegiatan pembelajaran dilakukan juga secara daring diluar jam belajar sekolah

Tujuan :
1. Meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Pola Bilangan
2. Menumbuhkan kreativitas peserta didik melalui pembelajaran berbasis digital pada materi pola bilangang (e-Book, video, contoh Game Edukatif dan Internet)
3. Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran berbasis digital pada materi pola bilangan (e-Book, video, contoh Game Edukatif dan Internet)

Deskripsi Aksi nyata :
1. Persiapan dan pelaksanaan (hari Senin tanggal 18 Juli 2022)
a. Penyusunan perangkat pembelajaran (RPP), materi ajar pola bilangan berbasis e-Book, video, contoh Game Edukatif dan Internet.
b. Penyusunan instrument penilaian hasil belajar

2. Pengumpulan data berupa tugas akhir setiap materi (hari Selasa tanggal 19 Juli 2022)
a. Penerapan pembelajaran berbasis digital pada materi pola bilangan (e-Book, video, contoh Game Edukatif dan Internet)
b. Tes hasil belajar menggunakan game edukatif yang sederhana.

3. Pengolahan data berupa evaluasi hasil belajar (hari Ramis tanggal 19 Juli 2022)
a. Analisis kreativisas peserta didik berdasarkan digital (e-Book, video, contoh Game Edukatif dan Internet) yang dikerjakan setiap peserta didik.
b. Analisis tes hasil belajar

4. Pelaporan (hari Kamis tanggal 19 Juli 2022)
a. Penyusunan laporan hasil belajar pesrta didik.
b. Presentasi laporan aksi nyata hasil belajarnya menggunakan rekaman singkat.

Lampiran 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Sekolah : MTsN 4 Pidie
Kelas/ Semester : VIII / Ganjil
Materi Pokok : Pola Bilangan

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan pembelajaran jarak jauh, peserta didik diharapkan mampu mengamati, menanyakan, memahami serta kreativitas dalam mengikuti proses belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis digital (Smartphone, Laptop, e-book, video dan Internet).

B. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Persiapan Awal
a. Melakukan pembukaan dengan salam
b. Membaca doa untuk membuka pelajaran
c. Mengecek kehadiran peserta didik

2. Pengamatan materi melalui Classroom (WA)
a. Mengaitkan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan materi atau tema sebelumnya
b. Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi atau pembelajaran yang akan dilakukan

C. Motivasi Melalui Calssroom (WA)
1. Memberikan gambaran tentang proses belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis digital (Smartphone, Laptop, e-book, video dan Internet)
2. Mengajak peserta didik untuk mengingat materi yang telah dipelajari sebelumnya
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4. Memberikan penjelasan tentang cara atau teknik pembelajaran

D. Tahapan Pembelajaran Jarak Jauh
1. Memberikan materi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis digital (Smartphone, Laptop, e-book, video dan Internet)
2. Peserta didik diberi kesempatan untuk memahami materi selama 15 menit
3. Peserta didik memahami dan mencatat materi penting dalam buku catatan, kemudian di foto dan dikirimkan melalui WhatsAap guru mata pelajaran.
4. Peserta didik merencanakan dan melakukan pembelajaran berbasis digital (e-Book, video, contoh Game Edukatif dan Internet) dirumah masing-masing dan menyelesaikan tugas mandiri dalam bentuk foto maupun video rekaman dan dikirimkan melalui WhatsAap guru mata pelajaran.
5. Pembelajaran jarak jauh ditutup dengan berdoa bersama-sama agar ilmu yang didapatkan hari ini bermanfaat, dan lebih khusus untuk keselamatan manusia dari virus covid – 19

E. Penilaian Formatif Jarak Jauh
1. Penilaian Sikap : Keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran daring dan disiplin waktu dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
2. Penilaian Pengetahuan : menjawab soal dan menyelesaikan tugas secara mandiri dalam bentuk foto maupun video rekaman dan dikirimkan melalui WhatsAap guru mata pelajaran sesuai dengan instrumen dan rubrik penilaian pengetahuan
3. Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja dalam menyelesaikan soal baik lisan maupun tulisan.

Indikator : Pembelajaran berbasis digital (e-Book, video, contoh Game Edukatif dan Internet)
Aspek penilaian : Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Judul kegiatan : Penerapan Pembelajaran Berbasis Digital (e-Book, video, contoh Game Edukatif dan Internet)
Tanggal Penilaian : 7 Juli 2022
Kelas : VIII - 4

INSTRUMEN PENILAIAN KEGIATAN DIGITAL (e-Book DAN VIDEO MATERI PEMBELARAN)

F. Alat, Media dan Sumber Belajar
1. Alat : Smartphone, Laptop, Kertas, dan Alat Tulis.
2. Media : E-Book, video, Internet
3. Sumber belajar : e-Book, video, contoh Game Edukatif dan Internet Buku Matematika kelas VIII dan buku lain yang relevan. Media Masa cetak maupun media online.

G. Alat, Media dan Sumber Belajar
1. Alat : ipad, Smartphone, Android, Laptop, Kertas, dan Alat Tulis.
2. Media : website, media sosial, gambar dan video digital, audio digital dan lain-lain.
3. Sumber belajar : e-Book, video, contoh Game Edukatif dan Internet, Buku cetak Matematika kelas VIII, buku lain yang relevan, Media Masa cetak maupun media online, blogspot serta dan Pidie Belajar Era Digital.

H. Evaluasi
1. Persiapan peserta didik mengikuti pembelajaran
2. Proses pelaksanaan pembelajaran
3. Penilaian atau evaluasi hasil belajar
4. Laporan kehadiran dan saya serap siswa
5. Link Pelaporan hasil belajar :
a. Klik disini untuk melakukan Absen,
b. Klik disini untuk melihat kembali materi e-book dan video.
c. Klik disini untuk melihat Soal Tes tulisan dan Lisan serta pengiriman Jawaban Video rekaman singkat tentang kesimpulan hasil belajar.


Mengetahui                                                                Beureunuen, 18 Juli 2022
Kepala Madrasah,                                                      Guru Bidang Studi,


USMAN, S.Ag, M.Pd                                                 AZHAR, S.Pd
NIP. 19721231 199905 1 007                                     NIP. 19860430 200910 1 001

Comments