Tujuan :
1. Meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Pola Bilangan
Deskripsi Aksi nyata :
1. Persiapan dan pelaksanaan (hari Senin tanggal 18 Juli 2022)
b. Penyusunan instrument penilaian hasil belajar
2. Pengumpulan data berupa tugas akhir setiap materi (hari Selasa tanggal 19 Juli 2022)
b. Tes hasil belajar menggunakan game edukatif yang sederhana.
3. Pengolahan data berupa evaluasi hasil belajar (hari Ramis tanggal 19 Juli 2022)
b. Analisis tes hasil belajar
4. Pelaporan (hari Kamis tanggal 19 Juli 2022)
a. Penyusunan laporan hasil belajar pesrta didik.
b. Presentasi laporan aksi nyata hasil belajarnya menggunakan rekaman singkat.
Lampiran 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Sekolah : MTsN 4 Pidie
Kelas/ Semester : VIII / Ganjil
Materi Pokok : Pola Bilangan
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan pembelajaran jarak jauh, peserta didik diharapkan mampu mengamati, menanyakan, memahami serta kreativitas dalam mengikuti proses belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis digital (Smartphone, Laptop, e-book, video dan Internet).
B. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Persiapan Awal
a. Melakukan pembukaan dengan salam
b. Membaca doa untuk membuka pelajaran
c. Mengecek kehadiran peserta didik
2. Pengamatan materi melalui Classroom (WA)
a. Mengaitkan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan materi atau tema sebelumnya
b. Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi atau pembelajaran yang akan dilakukan
C. Motivasi Melalui Calssroom (WA)
1. Memberikan gambaran tentang proses belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis digital (Smartphone, Laptop, e-book, video dan Internet)
2. Mengajak peserta didik untuk mengingat materi yang telah dipelajari sebelumnya
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4. Memberikan penjelasan tentang cara atau teknik pembelajaran
D. Tahapan Pembelajaran Jarak Jauh
1. Memberikan materi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis digital (Smartphone, Laptop, e-book, video dan Internet)
2. Peserta didik diberi kesempatan untuk memahami materi selama 15 menit
3. Peserta didik memahami dan mencatat materi penting dalam buku catatan, kemudian di foto dan dikirimkan melalui WhatsAap guru mata pelajaran.
4. Peserta didik merencanakan dan melakukan pembelajaran berbasis digital (
e-Book,
video, contoh
Game Edukatif dan
Internet) dirumah masing-masing dan menyelesaikan tugas mandiri dalam bentuk foto maupun video rekaman dan dikirimkan melalui WhatsAap guru mata pelajaran.
5. Pembelajaran jarak jauh ditutup dengan berdoa bersama-sama agar ilmu yang didapatkan hari ini bermanfaat, dan lebih khusus untuk keselamatan manusia dari virus covid – 19
E. Penilaian Formatif Jarak Jauh
1. Penilaian Sikap : Keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran daring dan disiplin waktu dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
2. Penilaian Pengetahuan : menjawab soal dan menyelesaikan tugas secara mandiri dalam bentuk foto maupun video rekaman dan dikirimkan melalui WhatsAap guru mata pelajaran sesuai dengan instrumen dan rubrik penilaian pengetahuan
3. Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja dalam menyelesaikan soal baik lisan maupun tulisan.
Aspek penilaian : Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Tanggal Penilaian : 7 Juli 2022
Kelas : VIII - 4
INSTRUMEN PENILAIAN KEGIATAN DIGITAL (e-Book DAN VIDEO MATERI PEMBELARAN)
F. Alat, Media dan Sumber Belajar
1. Alat : Smartphone, Laptop, Kertas, dan Alat Tulis.
2. Media : E-Book, video, Internet
3. Sumber belajar :
e-Book,
video, contoh
Game Edukatif dan
Internet Buku Matematika kelas VIII dan buku lain yang relevan. Media Masa cetak maupun media online.
G. Alat, Media dan Sumber Belajar
1. Alat : ipad, Smartphone, Android, Laptop, Kertas, dan Alat Tulis.
2. Media : website, media sosial, gambar dan video digital, audio digital dan lain-lain.
H. Evaluasi
1. Persiapan peserta didik mengikuti pembelajaran
2. Proses pelaksanaan pembelajaran
3. Penilaian atau evaluasi hasil belajar
4. Laporan kehadiran dan saya serap siswa
5. Link Pelaporan hasil belajar :
c.
Klik disini untuk melihat Soal Tes tulisan dan Lisan serta pengiriman Jawaban Video rekaman singkat tentang kesimpulan hasil belajar.